Bawaslu Kota Bima Telusuri Video Ajakan Hadiri Kampanye Melalui Pengeras Suara Masjid - Bima News

Jumat, 04 Oktober 2024

Bawaslu Kota Bima Telusuri Video Ajakan Hadiri Kampanye Melalui Pengeras Suara Masjid

 

Amar
Khairul Amat

bimanews.id-Beredar video ajakan melalui pengeras suara di tempat ibadah, meminta warga Lingkungan Ni’u, Kelurahan Dara untuk menghadiri kegiatan silahturahmi salah satu Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. 

Video berdurasi 1 menit 28 detik itu menjadi sorotan, karena penggunaan fasilitas masjid atau tempat ibadah untuk mengajak terlibat dalam kegiatan kampanye Paslon adalah melanggat

Dalam video tersebut, terdengar suara pria yang diduga KPPS melalui pengeras suara, mengajak warga di RT 15, RT 16 dan RT 17.

 “Pagi hari ini ada kunjungan silahturahmi Hj Mutmainnah, calon Wakil Wali Kota Bima  nomor urut 2,” bunyi dalam video tersebut.  

Untuk itu lanjutnya, diharapkan kepada warga Ni’u baik yang perempuan dan laki - laki untuk meringankan langkah, menghadiri pertemuan dengan Hj Mutmainnah yang datang silahturahmi. 

Menanggapi video tersebut, Komisioner Bawaslu Kota Bima Khairul Amar mengatakan, telah menghubungi Panwascam Rasanae Barat untuk meneluauri video tersebut

“Kami sudah terima informasi mengenai video tersebut, " akunya. 

Penelusuran itu kata dia, sebagai langkah awal pada mekanisme penanganan pelanggaran. Untuk memastikan siapa yang melakukan pengerahan massa melalui pengeras suara masjid tersebut, apakah ketua RT/RW atau KPPS. 

“Belum bisa kami pastikan siapa orangnya, " ujar Amar. 

Dia memastikan, semua informasi yang masuk di Bawaslu tetap ditindaklanjuti melalui mekanisme dan prosedur sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku.

“Kami juga belum bisa menetapkan tindakan tersebut melanggar unsur pasal berapa, yang pasti atas informasi tersebut kamu sedang melakukan penelusuran,” pungkasnya. (nk)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda