Pelamar CPNS di Kota Bima Membludak - Bima News

Jumat, 06 September 2024

Pelamar CPNS di Kota Bima Membludak

Ilistrasi
Ilustrasi

bimanews.id-Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 di Kota Bima membludak. Sejak dibuka 20 Agustus, pendaftar mencapai 2.833 orang.

Untuk diketahui, Pemkot Bima membuat sebanyak 132 formasi. Pendaftaran seleksi hingga 10 September 2024 nanti.

Sejak pendaftaran dibuka, Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima mencatat sebanyak 2.833 pelamar. Sementara pelamar yang baru dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dari instansi, 659 orang.

"Hingga pada pukul 08.00 Wita, jumlah pelamar CPNS di Kota Bima sebanyak 2.833 orang," kata Kepala BKPSDM Kota Bima, Sukarno, Rabu (4/9).

Sukarno mengatakan, adapun yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari instansi sebanyak 121 orang. Mereka langsung gugur, dan tidak bisa mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya.

"Yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 121 orang. Mereka langsung gugur, tidak bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya," jelas mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD) Kota Bima ini.

Menurut dia, banyak faktor sehingga 121 pelamar bisa gugur saat pendaftaran. Pertama, mereka meng-upload foto copy ijazah dan transkrip nilai yang tidak sesuai dengan permintaan yang tertuang dalam persyaratan.

"Padahal, sesuai permintaan kan harus dokumen asli. Bukan dalam bentuk foto copy," jelasnya.

Kemudian, tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan formasi. Selanjutnya, akreditasi perguruan tinggi, dan program studi (prodi) tidak sesuai tahun kelulusan.

"Ada juga karena kesalahan lain, misalnya surat lamaran tidak ditujukan kepada Wali Kota Bima," bebernya.

Dia berharap, agar masyarakat Kota Bima tidak mengabaikan kesempatan mengikuti seleksi CPNS 2024. Bagi yang merasa memiliki syarat sesuai yang ditentukan, segera mendaftar secara online mengingat tinggal 2 hari lagi pendaftaran akan ditutup.

Terhadap pelamar yang sudah MS, diharapkan tidak mempercayai calo dalam mengikuti proses seleksi di tahap berikutnya. Karena seleksi CPNS ini murni bertarung kompetensi pelamar sesuai bidang masing-masing.

"Jika ingin lolos, kuncinya belajar. Jangan percaya calo," tegas dia. 

Sebagai informasi, 2024 ini Pemkot Bima membuka lowongan CPNS sebanyak 132 formasi. Meliputi, 101 alokasi tenaga teknis dan 31 untuk tenaga kesehatan. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda