Elektabilitas Rohmi Firin Di Lombok Timur Dan KSB Nyaris 60 Persen - Bima News

Senin, 30 September 2024

Elektabilitas Rohmi Firin Di Lombok Timur Dan KSB Nyaris 60 Persen

Lobar, KLU Hingga Sumbawa Naik Signifikan

Firin
Cawagub H.W.Musyafirin saat kampanye di Kecamatan Alas dan Alas Barat, kemarin. Kampanye di dua kecamatan ini, H.Firin didampingi langsung H. Badrul Munir, mantan Wagub NTB. 

bimanews.id-embaga Survey Poltracing Indonesia kembali merilis hasil survey terbaru pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. 

Elektabilitas pasangan Hj. Sitti Rohmi Djalilah-H.W.Musyafirin (Rohmi Firin) awal September 2024 nyaris menembus angka 60 persen pada dua kabupaten, Lombok Timur dan Kabupaten Sumbawa Barat. ‘

’Di Lombok Timur ada kenaikan cukup signifikan. Sebelumya di bulan Juni 49,7 persen naik 8,4 persen menjadi 58,1,’’ jelas Direktur Eksekutif Poltracing Indonesia, Hanya Yuda melalui siaran persnya, kemarin. 

Lombok Timur menjadi kabupaten dengan jumlah pemilih terbanyak di Provinsi NTB. Data KPU NTB, jumlah pemilih tetap (DPT) daerah basis Cagub Ummi Rohmi ini sebanyak 994.467 atau sekitar 25 persen lebih dari total pemilih NTB. 

Elektabilitas Rohmi -Firin khususnya di Lombok Timur masih memungkinkan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan dua Paslon lain masih terlihat stagnan sementara hingga September masih ada sekitar 14,5 persen belum menentukan pilihan. 

Sementara untuk Kabupaten Sumbawa Barat, elektabilitas pasangan ini juga naik signifikan. Sebelumnya 37,5 persen di bulan Juni 2024 menjadi 53,8 persen di bulan September. Sumbawa Barat merupakan basis Cawagub H.W.Musyafirin.

‘’Lombok Timur dan Sumbawa Barat, Rohmi Firin mengalami kenaikan signifikan dibanding dua paslon lain,’’ katanya lagi.

Hasil survey ini pun menunjukkan ada kenaikan cukup signifikan bagi paslon nomor urut 1 ini. Elektabilitas Rohmi Firin di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara juga mengalami kenaikan signifikan termasuk di Lombok Tengah yang menjadi basis massa dua paslon lain. 
Kenaikan elektabilitas Rohmi Firin juga terjadi di Kabupaten Sumbawa. Kenaikan ini cukup signifikan dibanding hasil survey awal Juni lalu. 

Rohmi
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi-Firin Djalilah dan HW Musyafirin 

Sementara itu, Ketua Relawan Rohmi Firin Provinsi NTB, TGH Mahally Fikri melihat, hasil survey yang dirilis Poltracing ini menunjukkan kenaikan cukup signifikan bagi pasangan Rohmi -Firin. Khusus di Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa Barat. ‘

’Waktu dua bulan ini akan terus dimaksimalkan paslon Rohmi -Firin untuk terus meraih simpati dan dukungan pemilih,’’ katanya. 

Kenaikan elektabilitas cukup signifikan paslon Rohmi Firin tidak lepas dari program serta visi misi yang ditawarkan kepada masyarakat. Visi Misi yang diusung Paslon nomor urut 1 ini lebih banyak menyentuh langsung persoalan mendasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, pemberdayaan hingga lapangan pekerjaan maupun persoalan-persoalan lain yang merupakan masalah klasik di NTB. Termasuk sektor pertanian, terutama ketika harga gabah naik. 

‘’Saat ini paslon kami terus turun berkampanye dan mensosialisasi program serta visi misi yang akan dilaksanakan. Sederhana tapi menyentuh langsung ke masyarakat,’’ paparnya. 

Ia pun berharap, elektabilitas yang saat ini diraih Rohmi-Firin untuk terus dijaga hingga menjelang hari H pemilihan pada 27 November mendatang. 

‘’Kerja kerja relawan di lapangan terus kita tingkatkan. Paslon kami juga terus intens turun ke masyarakat, untuk menyampaikan langsung seperti apa program yang akan dilaksanakan untuk lima tahun ke depan,’’ tandasnya.

Pasangan Rohmi Firin merupakan pasangan paling ideal. Selain menjadi perpaduan antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Ummi Rohmi maupun Haji Firin dikenal kenyang dengan pengalaman birokrasi. Ummi Rohmi sendiri merupakan Wagub NTB periode 2018-2023 yang berhasil menjalankan program Posyandu Keluarga sebagai ujung tombak pembangunan di NTB. 

Sementara H.W.Musyafirin adalah Bupati Sumbawa Barat dua periode yang berhasil meraih berbagai macam penghargaan baik nasional maupun dunia internasional. Haji Firin bahkan beberapa kali menjadi tamu kehormatan dan menjadi wakil Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OGP yang berlangsung di Estonia.  
Haji Firin sendiri saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sumbawa Barat.

Keberhasilannya di Sumbawa Barat bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang diraih, baik di bidang kesehatan, pendidikan, pembangunan maupun beberapa sektor lain. 

Sementara itu, baik Ummi Rohmi maupun Haji Firin Kembali memaksimalkan waktu kampanye yang disiapkan KPU NTB untuk menyapa masyarakat. Ummi Rohmi fokus bertemu dengan masyarakat di Pulau Lombok sementara Haji Firin terus turun untuk menyapa langsung masyarakat. Senin (30/9), Haji Firin melakukan pertemuan tatap muka dengan ribuan relawan di Kecamatan Alas dan Alas Barat. 

Total ada lima titik yang disambanginya. Termasuk Desa Marente, tempat kelahiran Doktor Zul. Di tempat ini Haji Firin bahkan secara khusus doakan menang oleh tokoh masyarakat setempat. 

Di lima titik ini, Haji Firin kembali menegaskan sejumlah program mendasar yang akan dilaksanakan pasangan Rohmi Firin jika terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur NTB di Pilgub mendatang. (af/*)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda