Satu Lagi Jamaah Haji Asal Kabupaten Bima Meninggal Dunia - Bima News

Selasa, 09 Juli 2024

Satu Lagi Jamaah Haji Asal Kabupaten Bima Meninggal Dunia

Haji
Ilustrasi

bimanews.id-Satu orang jamaah haji asal Kabupaten Bima meninggal dunia. Jamaah haji atas nama Nurmi Hasan Ndua, 76 tahun asal Desa Sakuru, Kecamatan Monta ini meninggal dunia saat transit di Medan, Sumatera Utara pada Senin (8/7). 
 
Ketua Tim Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag NTB, H. Ali Sahbana mengatakan, Nurmi Hasan Ndua meninggal sekitar pukul 00.32 WIB. Almarhumah menghembuskan nafas terakhir saat dirawat di Rumah Sakit Medan, Sumatera Utara. 

"Almarhumah tergabung di kloter 12. Beliau sempat dilarikan ke rumah sakit saat transit di Bandara Kualanamu Medan dalam perjalanan pulang dari Madinah menuju Lombok, akibat radang paru-paru,” kata Ali, Selasa (9/7).
 
Sebelumnya, seorang jamaah haji asal Bima bernama Sarujin juga dikabarkan wafat di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (2/7). Jamaah haji asal Desa Baralau Kecamatan Monta Kabupaten Bima meninggal jelang keberangkatan kembali ke tanah air.
 
Kakek berusia 80 tahun ini sempat naik pesawat dan duduk bersama sang istri, Halimah, 80 tahun serta rombongan untuk persiapan terbang. Beberapa saat sebelum pesawat lepas landas, Sarujin tiba-tiba lemas dan tak berdaya.
 
"Penyakitnya kambuh. Beliau memang menderita stroke dan asma," kata Kepala Desa Baralau, Abdul Munir beberapa waktu lalu.
 
Karena kondisinya tidak memungkinkan untuk terbang, Sarujin kemudian disarankan petugas pesawat agar menunda keberangkatan.  Sarujin dilarikan ke rumah sakit. Sementara pesawat yang ditumpangi istri dan rombongan terbang menuju tanah air.
 
Beberapa jam setelah ditangani secara intensif, Sarujin kemudian dinyatakan meninggal dunia oleh dokter rumah sakit setempat. Di hari yang sama, jasad almarhum  dimakamkan di Pemakaman Soraya, Mekkah.
 
"Setelah dikafani, almarhum kemudian dimakamkan di Pemakaman Soraya, Mekkah," katanya.
 
Halimah baru mengetahui sang suami meninggal dunia ketika tiba di Bandara Udara Internasional Lombok (Bizam), Selasa malam (2/7). Dia menerima kabar duka itu setelah dihubungi  pihak keluarga dari Desa Baralau. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda