Pekerja Tambang PT STM Dompu Temukan Kerangka Manusia, Diduga Dari Kuburan Kuno - Bima News

Kamis, 20 Juni 2024

Pekerja Tambang PT STM Dompu Temukan Kerangka Manusia, Diduga Dari Kuburan Kuno

 

Kerangka
Pekerja tambang PT STM Dompu menemukan kerangka manusia saat lakukan penggalian untuk kolam, Kamis (13/6)

bimanews.id-Pekerja tambang PT Sumbawa Timur Minim (STM) di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu menemukan kerangka manusia berupa tengkorak, rahang, gigi, tulang kaki hingga tulang tangan  pada Kamis (13/6). 

Kapolsek Hu'u, Ipda Sumaharto mengatakan, tulang belulang manusia yang ditemukan pekerja tambang cukup banyak. Diduga lebih dari dari satu kerangka manusia.

Temuan kerangka manusia  katanya,  ketika pekerja tambang atas nama Mujahidin menggali kolam dengan alat berat untuk tempat penampungan air. Saat itu, ia melihat  ada benda mencurigakan yang keluar bersamaan dengan tanah.

“Saksi lalu menghentikan penggalian dan mengecek benda itu.  Ternyata tengkorak dan tulang belulang manusia bersama pecahan gerabah,” ujarnya, Selasa (18/6)

Temuan  itu dilaporkan ke Pemerintah Desa Hu’u serta pemangku adat. Dari keterangan mereka, diketahui lokasi tersebut merupakan bekas pemukiman warga sekitar ratusan tahun lalu.

“Di sana memang ada pemukiman dan kuburan orang zaman dulu,” jelasnya.

Tidak tertutup kemungkinan sekitar lokasi tersebut masih ada kuburan-kuburan kuno lain. Namun, tanda-tanda kuburan tidak terlihat lagi.

Mengetahui tulang belulang itu merupakan kerangka manusia, kemudian dikuburkan kembali dibungkus kain kafan. Penggalian di lokasi tersebut dihentikan sementara, menunggu tim arkeologi yang akan meneliti lebih lanjut. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda