Idul Adha 1445 H Sebanyak 15 Ribu Ekor Sapi Bima Terjual Di Jabodetabek - Bima News

Kamis, 20 Juni 2024

Idul Adha 1445 H Sebanyak 15 Ribu Ekor Sapi Bima Terjual Di Jabodetabek

 

Sapi
Ilustrasi 

bimanews.id-Menjelang Idul Adha, ribuan ekor sapi asal Bima dikirim ke Jakarta dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban. Idul Adha 1445 Hijriyah ini tercatat sebanyak 15 ribu lebih ekor sapi asal Bima terjual di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 

“Sekitar 15 ribu ekor lebih sapi kurban yang dikirim ke Jabodetabek laku semua,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Bima, Joko Agus Guyanto, Rabu (19/6).

Setiap momen Idul Adha, Sapi dari Bima kata dia,  jadi rebutan pembeli. Sebab Sapi Bima memiliki tekstur daging yang lebih padat dan tak mengandung banyak lemak seperti sapi dari daerah lain.

Jmlah sapi yang dikirim tahun ini aku Joko, lebih sedikit dibanding tahun lalu sekitar 20 ribu ekor. Tahun lalu Sapi Bima tidak semua terjual saat Idul Adha.

“20 ribu lebih ekor yang dikirim tahun lalu, lama baru habis terjual,” katanya. 

Salah seorang pedagang sapi asal Bima di Jakarta, Oyan mengatakan,  60 ekor sapi yang ia pasarkan habis  terjual. Bahkan, sapi itu terjual habis  beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

“Totalnya ada 60 ekor yang kita jual di Jakarta. Alhamdulillah, laku semuanya, ” akunya.

Sebelumnya, Disnakeswan Bima mengirim 16 ribu ekor sapi dan kerbau ke  Jabodetabek dan Kalimantan. 15 ribu ekor diantaranya untuk kebutuhan kurban.

Sapi-sapi tersebut dikirim melalui jalur darat, dengan mobil tronton. Kemudian melalui jalur laut menggunakan kapal veri di Pelabuhan Bima. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda