Harga Jagung di Bima Kini Naik Jadi Rp 4.500 Per Kilogram - Bima News

Selasa, 15 Juni 2021

Harga Jagung di Bima Kini Naik Jadi Rp 4.500 Per Kilogram

Bongkar
Aktivitas pembongkaran jagung di halaman di PT Santosa Utama Lestari Unit Madapangga, Senin (14/6).
 

BimaNews.id, BIMA-Baberapa hari terakhir PT Santosa Utama Lestari Unit Madapangga menaikan harga beli jagung Rp 200 per kilogram. Jika sebelumnya Rp 4.300 per kilogram, kini menjadi Rp 4.500 per kilogram.

Humas PT Santosa Utama Lestari Unit Madapangga, Muhammad Isnaini mengatakan, naik turunnya harga jagung sudah menjadi hukum pasar. "Kita mengikuti harga standar nasional," kata Isnaini pada Radar Tambora, Senin (14/6).

Jadi jelasnya, bukan pihak gudang yang mempermainkan harga jagung. Melainkan keputusan ditentukan oleh pusat. "Kita hanya pelaksana tugas di perusahaan ini. Kalau harga secara nasional turun,  harga beli kita juga turun. Begitu sebaliknya," jelas Isnaini.

Penetapan harga itu sebutnya, tidak sembarang diputuskan. Tentu disesuaikan kondisi masing-masing. Karena setiap perusahaan mempertimbangkan harga agar mendapatkan keuntungan.

"Tidak mungkin kita samakan harga di sini dengan pusat.  Jelas kita bakal rugi," bebernya

Selain itu kata dia, yang mempengaruhi naik turun harga juga tergantung pemesanan atau Purchase order (PO) dari pusat. Kalau PO lancar, tentu harga akan stabil, bahkan bisa saja dinaikan. Karena baru bisa  mengirim barang setelah ada pemesanan.

"Kalau PO tidak lancar, pasti barang akan menumpuk. Karena kita tidak mungkin kirim kalau belum ada pemesanan," pungkasnya. (ar)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda