Rawan Konflik, Sejumlah Desa di Kabupaten Dompu Deklarasi Pilkades Damai - Bima News

Sabtu, 29 Mei 2021

Rawan Konflik, Sejumlah Desa di Kabupaten Dompu Deklarasi Pilkades Damai

Deklarasi

Camat Woja dan unsur Muspika foto bersama dengan calon Kades Madaprama dan Mumbu usai kegiatan deklarasi damai Pilkades serentak di kantor Camat Woja.



BimaNews.id, DOMPU-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 16 desa di Kabupaten Dompu dipastikan dihelat, Kamis (17/6) mendatang. Menjelang kontestasi lima tahunan itu Calon Kepala Desa Madaparama  dan Desa Mumbu Kecamatan Woja deklarasi Pilkades damai, Jumat (28/5).

Kegiatan diprakarsai Camat Woja itu digelar di kantor camat setempat. Selain diikuti seluruh calon Kades di dua desa tersebut, juga dihadiri Kapolsek Woja dan unsur Muspika lain.

Camat Woja, Suherman SPt menyampaikan, warga desa Madaparama dan Desa Mumbu dapat menjaga keamanan dan kondusifitas menjelang maupun saat pelaksanaan Pilkades. Dia juga menekankan, agar tidak membuat situasi sehingga merugikan orang lain maupun diri sendiri.

"Penting menjaga Kantibmas dilingkungan kita . Apalagi perhelatan Pilkades ini memungkinkan akan terjadi gesekan," tegas camat.

Camat berharap, masing-masing tim untuk saling menyemangati. Tidak melakukan kampanye hitam atau profokasi lain, sehingga menimbulkan dampak negatif.

"Pilkades itu pesta rakyat. Harus disambut dengan riang gembira. Itu baru pesta sesungguhnya," imbuh Suherman.

Pada kegiatan itu, Camat yang didampingi Kapolsek Woja Ipda Abdul Haris membacakan poin pernyataan Deklarasi Pilkades Damai. Panitia beserta Calon Kades secara serentak mengikuti  lima poin pernyataan sikap yang dibacakan Camat Woja.

Isinya,  mendukung pelaksanaan Pilkades serentak 2021 yang aman, damai dan kondusif. Menjunjung tinggi demokrasi tanpa kekerasan. Bekerja profesional dan tidak memihak kepada salah satu calon selama tahapan Pilkades serentak tahun 2021. Menolak penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan isu sara selama tahapan Pilkades dan menghargai perbedaan tanpa anarkis.

"Saya harap, lima poin bisa diaplikasikan selama tahapan Pilkades berlangsung," harapnya.

Selain Desa Madaparama dan Desa Mumbu, Pelaksanaan Deklarasi Pilkades Damai juga berlangsung pada 7 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades Serantak, Jumat siang. Kegiatan serentak diikuti 16 desa tersebut berlangsung  lancar dan sukses. Semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan Covib-19.

16 desa tersebut yaitu,  Desa Mbawi Kecamatan Dompu, Desa Madaparama dan Desa Mumbu Kecamatan Woja. Desa Lune, Desa Ranggo dan Desa  Woko Kecamatan Pajo. Desa  Anamina, Desa Nusajaya dan Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa. Desa  Sawe dan Desa  Hu'u Kecamatan Hu.u. Desa Ta,a, Desa Sorobarat, Desa Konte dan Desa Songgajah Kecamatan Kempo dan Desa Kadindi Kecamatan Pekat. (jw)

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda