Empat Petinggi Bumi Gora Kunker ke Dompu - Bima News

Kamis, 04 Juni 2020

Empat Petinggi Bumi Gora Kunker ke Dompu

DOMPU-Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah SE MSc, Kapolda NTB  Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani dan Kejati NTB, Nanang Sigit Wilyanto SH melakukan kunjungan kerja (Kunker)  ke Kabupaten Dompu, Kamis (4/6). Kunjungan empat petinggi di Bumi Gora ini disambut hangat Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin.

Gubernur NTB Dr HZulkieflimansyah SE MSc mengapresiasi kinerja Pemda Dompu dalam menanganiCovid-19. Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini bahkan mengijinkan BumiNggahi Rawi Pahu untuk menerapkan new normal. Termasuk wilayah Kabupaten danKota Bima sudah keluar sebagai zona merah Covid-19.

“Tapi, protokolCovid-19 harus dikedepankan. Seperti pakai masker dan jaga jarak dan jagakesehatan dengan pola hidup sehat,” ujar Bang Zul.

Sementara Bupati Dompu DrsH Bambang M Yasin dalam sambutannya menyampaikan progres penanganan Covid-19oleh tim gugus tugas. Selama ini kata dia, tim gugus sudah bekerja sangat baik.Bahkan, tidak ditemukan kasus positif baru setelah klaster Gowa.

“Kami sudahmengajukan laporan untuk menuju new normal,” katanya.

Selama dua bulan terakhirtim gugus Covid-19 Dompu bekerja siang malam. Selain melakukan tracking kontakkeluarga pasien positif, juga melakukan penjagaan ketat di pintu masuk. Sepertimendata para pelaku perjalanan, mahasiswa dari luar daerah dan TKI.

“Kami juga melakukanrapid test massal untuk memanilisir penyebaran Covid-19,” jelas H Bambang.

Sejauh ini lanjutnya,sebanyak sekitar 10.000 biji alat rapid test terpakai. Alat tes bantuan dari PTSTM diperuntukkan bagi seluruh elemen masyarakat. Mulai dari pedagang,pengendara, mahasiswa, ASN, TNI dan para pelaku perjalanan.

“Alhamdulillah, meskiada beberapa yang reaktif rapid test, tapi, hasil Swab mereka dinyatakannegatif,” ujarnya.

Momentum tersebut, merupakankunjungan perdana bagi Kapolda NTB. Jenderal bintang dua ini mengawali kegiatandengan menyerahkan beras masing-masing 10 kg pada sejumlah warga kurang mampudi Desa O’o Kecamatan Dompu.

Setelah penyerahanbantuan, Kapolda NTB memimpin apel di lapangan Polres Dompu. Dalam arahannyaKopolda menyampaikan, masa pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kehidupansosial. Baik di sektor ekonomi hingga sosial budaya.

“Maka dari itu kitamempersiapkan diri dengan pola hidup sehat agar mampu menghadapi pandemiini,” katanya.

Dalam kesempatan itu,Iqbal juga mengingatkan tentang tugas pokok TNI dan Polri. Menurutnya,keberadaan TNI dan Polri di tengah masyarakat bisa menjadi salah satu tumpuan.Ia juga berharap sinergi yang baik antara TNI dan Polri agar tetap menunjukkandiri sebagai  pelindung, pengayom sertapelayan masyarakat.

“Jangan pernahberhenti melayani dan bersosialisasi pada masyarakat. Termasuk himbauan tentangprotokoler Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dan jagajarak,” pungkasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda