Guru Datangi Rumah Siswa Untuk Mengajar - Bima News

Rabu, 20 Mei 2020

Guru Datangi Rumah Siswa Untuk Mengajar

KOTA BIMA-Sejak pandemi Covid-19, sistem pembelajaran tatap muka di sekolah sementara diliburkan. Meski demikian, beberapa sekolah menerapkan metode belajar online hingga metode home visit.

Seperti yang dilakukan SDN29 Kota Bima misalnya. Sekolah yang berdiri di Kelurahan Tanjung ini menerapkanmetode pembelajaran home visit, selama pandemi. Langkah itu dilakukan, agarsiswa-siswanya bisa tetap belajar.

Koordinator Kegiatan HomeVisit SDN 29 Kota Bima, Ikbal Tanjung SPd mengatakan, home visit merupakanmetode belajar dengan cara mengunjungi siswa. Metode ini diterapkan untukmenangani siswa-siswi yang tidak bisa menjangkau materi pelajaran secara Daring(Dalam Jaringan) atau online.

“Walaupun sekolahlibur, tapi rasa kepedulian guru tetap melakukan home visit. Mereka ikhlasmengunjungi rumah siswa untuk diberikan tugas maupun belajar metode singkatbersama orang tuanya,” kata Ikbal yang juga Wakasek Kesiswaan SDNsetempat.

Sistem belajar home visitkata dia, dimulai sejak pandemi Covid-19. Dalam penerapannya, guru melakukankunjungan rumah, kemudian bertemu sama walimurid menanyakan apa yang dilakukansiswa selama libur sekolah.

“Siswa diberikantugas, agar selama libur mereka tetap belajar. Tugas tersebut bisa diberikansaat kunjungan rumah maupun melalui WhatsApp orang tua murid,” katanya.

Dalam penerapan home visitlanjut dia, para guru dilengkapi dengan surat tugas yang diterbitkan olehsekolah. Guru wajib menunjukkan surat tersebut pada wali murid sebelum dimulaipembelajaran.

“Biar ada acuanguru-guru melaksanakan home visit yang ditunjukkan pada wali murid,” sebutIkbal.

Selama penerapan homevisit, tidak ada kendala yang berarti. Sebab, selama ini dan bahkan sebelumpandemi Covid-19 walikelas memilih group WhatsApp dengan orang tua murid.Sehingga, informasi yang berhubungan belajar bisa dikombinasikan melaluigroup,” jelasnya.

Selama home visit tambahdia, guru tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap jaga jarak dan pakaimasker. Selain mengajar tentang materi sekolah, juga mengedukasi tentang polahidup sehat seperti, rajin cuci tangan dan social distancing.

“Alhamdulillah,selama home visit guru selalu diterima baik oleh wali murid,” pungkasnya.(jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda