160 warga Dompu Jalani Tes Swab - Bima News

Sabtu, 16 Mei 2020

160 warga Dompu Jalani Tes Swab

DOMPU-Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Dompu kembali melakukan tes Swab dalam jumlah besar, Sabtu malam (16/5). Dari data diperoleh, sebanyak 160 orang menjalani tes Swab di RSP Manggelewa.

Bupati Dompu melalui Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19Kabupaten Dompu, Jufri ST MSi mengatakan, sebanyak 160 warga Dompu sedang diambilsampel Swab. Rencananya, sampel Swab akan dikirim ke Laboratorium Sumbawa.

“InsaAllah, dalam waktu lima hari ke depan hasilnyasuda bisa diketahui,” terang Jufri pada Radar Tambora.

160 warga Dompu yang menjalani pengambilan sampeltersebut kata dia, didominasi pasien reaktif rapid tes massal seminggu terakhir.Termasuk  dari keluarga pasien positifCovid-19 dan 15 pasien Covid-19 yang dikarantina di RSP Manggelewa dan GedungSanggilo di Desa Matua.

“Paling banyak dari warga yang reaktif rapidtest,” kata Kepala BPBD Dompu ini.

Sembari menunggu hasil Swab, 160 warga tersebut tetapmenjalani karantina sesuai Protap penanganan Covid-19. Mereka diminta tidakmelakukan kontak dengan keluarga dan orang lain dan menjaga pola hidup sehat.

“Untuk memanimalisir penyebaran Covid-19, keberadaanmereka selama karantina tetap diawasi,” tegasnya.

Sementara 23 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh katadia, sudah dipulangkan ke rumah masing-masing pada  Jumat (15/5). Proses pelepasan dilakukan olehBupati Dompu Drs H Bambang M di RSP Manggelewa.

“Meski dipulangkan, mereka tetap menjalani karantinamandiri selama 14 hari kedepan,” pungkasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda